Awal munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang
membuat patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC,
Ctesibus, seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan
komponen yang dapat dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah
membuat mesin perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.
Pada
tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan
swiss membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan
fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan
musik dan orgen, dan yang ketiga dapat menggambar.
Pada tahun
1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui radio
remote control, dan didemokan di Madison Square Garden. Namun usaha
untuk membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Pada
tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara yang baru
bangkit, mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot
pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas
Stanford mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya
dikenal sebagai standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda
memamerkan robot yang dibangun bertahun – tahun lamanya bernama Asimo,
serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.
DI JEPANG
Karakuri
ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti boneka mekanik atau
automata, ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri berarti
"peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberikan kejutan",
sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal magis
atau elemen misteri, sedangkan ningyo berarti "orang dan bentuk"
(tertulis dalam dua huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan
sebagai boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
1. Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk keperluan dunia teater
2.
Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri
berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3.
Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau
festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau
legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga jenis karakuri tersebut
dinilai telah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan dunia teater
Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku.
berawal dari diciptakannya
boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka
Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada akhir zaman Edo
(awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang dan mekanisme
mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga dapat
menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif
layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa
gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana,
seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air
raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
1. Matsuri karakuri, digunakan untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan robotika Jepang saat ini
bagaikan pepatah "Manifestasi impian atau harapan dari suatu bangsa
yang ada saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari para
pendahulunya".
wikipedia menjelaskan :
Robot adalah sebuah alat
mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan
dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah
didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya
digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan
kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang
produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah
beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan,
pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian
tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang
hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
Ketika para
pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka
menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga
penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu.
Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot
sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah
laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah
berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara
komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom
yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser
dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia
Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk
mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan
platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru serangga
dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan tersebut
menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi
dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan
mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih
dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat
mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah
mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru
gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah
teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah
kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap
kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin
dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari University Jaume I
di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku
dalam bidang ini.
Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat
dalam robot medis, dengan dua perusahaan khusus, Computer Motion dan
Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika
Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur
pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area yang
berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel
biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang
dan pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan
pekerjaan manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi
antariksa. Untuk tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya
disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los
Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung,
sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak
dan tersambung penuh.
Robot bersayap
eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam
tahap pengembangan dini. Yang disebut "nanomotor" dan "kawat cerdas"
diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara
stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui
giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk
riset militer teknologi pemata-mataan.
sumber : id.wikipedia.org/
http://www.black-c0de.org/t908-sejarah-robot-duniaawal-muncul-robot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
biar lebih baik lagi kasih coment :)