Oktober 01, 2012

Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari teknik pembuatan dan manipulasi gambar (objek visual) secara digital. 
Istilah grafik komputer ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. saat itu grafik komputer didefinisikan sebagai pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi. Pada tahun 1963 perkembangan teknologi grafik komputer ditandai dengan ditemukannya Sutherland atau MIT, Sketchpad yang digunakan untuk manipulasi secara langsung, alat untuk menampilkan Caligraphic (vector) dan Mouse oleh Douglas Englebert.

Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu Informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. dalam hal ini pengolahan citra berfungsi untuk memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita atau kualitasnya menjadi lebih baik.

Umumnya, operasi-operasi pengolahan citra diterapkan jika :
  • Perbaikan atau modifikasi citra untuk meningkatkan kualitas visual atau menonjolkan beberapa   aspek informasi yang terkandung dalam citra.
  • Elemen di dalam citra perlu di kelompokkan, dicocokkan atau diukur.
  • Sebagian citra perlu di gabung dengan bagian citra yang lain.

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra mempunyai keterkaitan, dengan Grafik Komputer kita dapat menghasilkan suatu gambar atau animasi dan untuk mengoptimalkann kualitas gambar tersebut disinilah Pengolahan Citra berperan.

Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dapat kita temui pada Game, dan banyak hal lainnya.Jika dalam suatu pembuatan game  anda tidak menggunakan grafik dan juga pencitraan anda tidak mungkin dapat menarik para gamers untuk memainkannya.Dalam game yang baik visualisasi game amat sangat di butuhkan untuk merangsang para gamers untuk menjajal seberapa hebat kan game yang anda buat.kalau anda hanya mengandalkan story line yg bagus hanya akan ada segelintir gamers yang akan memainkannya.Itulah mengapa dalam pembuatan suatu game keterikatan grafik komputer dan pengolahan data sangat amat penting.

 reff:
http://id.m.wikipedia.org/
http://ussie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13436/PENGOLAHAN+CITRA.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih baik lagi kasih coment :)

 
thank you for visiting my blog.