Juni 03, 2011

Perkembangan TIK di Universitas Gunadarma

 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. 

Perkembangan TIK di gunadarma meliputi :
Fasilitas UG HotZone
 Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone. UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi. Terutama untuk setiap mahasiswa Universitas Gunadarma, mulai dari awal masuk sebagai mahasiswa baru telah diberikan fasilitas untuk aktifasi studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan hotzone di lingkungan Universitas Gunadarma.

Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum. Praktikan tidak selalu didampingi Asisten Laboratorium, dan untuk praktikum berikutnya dapat memilih jadwal yang kosong, merupakan contoh kemandirian yang harus dijalani Praktikan di I-Lab. Namun demikian, ada konsekuensi yang harus dijalani Praktikan agar kelak dapat dinyatakan lulus dalam mengikuti kegiatan praktikumnya.

UG One-Click dan UG in Your Hand
Perkembangan fasilitas TIK pada Universitas Gunadarma yang terbaru yaitu peluncuran fasilitas baru “UG One-Click” yang bekerja sama dengan Mobile-8 dan Jatis Mobile. Fasilitas baru tersebut baru diimplemetasikan untuk Kelas 1. Fasilitas “UG One-Click” dapat diakses dari Handphone khusus yang dibagikan kepada mahasiswa baru. Beberapa layanan yang dapat diakses adalah aktivasi studentsite, daftar seminar, rangkuman nilai, jadwal kuliah, jadwal ujian, informasi seminar/workshop, dll. Fasilitas khusus pada “UG One-Click” adalah system absensi perkuliahan dengan menggunakan pesawat handphone yang dirancang khusus dengan dukungan beberapa vendor dan provider di bidang mobile technology. Pengembangan lebih lanjut dari “UG One-Click” adalah “UG in Your Hand” berbasis Java Application yang dapat diakses secara mobile. Peluncuran secara resmi fasilitas terbaru tersebut diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Talk Show, Lomba Kreatifitas, dan Sosialisasi UG One-Click kepada mahasiswa dan dosen wali.

Demikian sekiranya artikel mengenai perkembangan fasilitas TIK yang ada di Universitas Gunadarma, semoga dapat memberikan kesan yang positip kepada teman-teman, sehingga tertarik dan bergabung bersama saya belajar di Universitas yang saat ini menduduki peringkat 5 di webometrics dalam Universitas Di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih baik lagi kasih coment :)

 
thank you for visiting my blog.