Januari 24, 2013

Bahasa Indonesia Jati Diri Bangsa

 
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di era sekarang jarang kita temui dalam kehidupan sehari-hari . padahal Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengagumkan Bahasanya sendiri. kita bisa lihat negara yang dahulu pernah menjajah negara kita sendiri. Jepang, penduduk negara tersebut bahkan pernah mengeluarkan ultimatum "biarkan negara lain yang mempelajari bahasa kami". kita bisa lihat sekarang negara semaju mereka pun pada sangat menghargai bahasa nya sendiri.


Indonesia memang negara yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. tidak heran tentunya jika kita di juluki negara yang kaya akan ragam bahasa. salah tentunya jika kita menyalahkan perbedaan suku yang membuat Bahasa indonesia yang baik dan benar jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. karena dapat kita jumpai bahasa daerah dari setiap suku pun jarang kita temui di kalangan remaja. memang sebagian kecil pengaruh bahasa daerah membuat bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari menjadi berubah arti. mungkin karena remaja sekarang yang sering membuat plesetan dari bahasa daerah dan dituangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bahasa indonesia tentunya. namun faktor tersebut tidaklah dominan.

Faktor penyebab bahasa indonesia yang baik dan benar jarang kita temui di kalangan remaja karena masuk nya budaya asing, dan dikarenakan tidak sadarnya kita akan pentingnya menggumkan bahasa bangsa kita sendiri. sering kita jumpai seorang remaja yang dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar malah di cemo'oh oleh rekan-rekannya. lantas siapa yang akan menjadikan bahasa kita di kagumi oleh negara lain jika dari remaja nya sendiri sudah begini?

Jika sudah begini peranan orang tua dalam membingbing anak nya sejak dini  untuk menggunakan bahasa indonesia sesuai EYD sangatlah penting, sehingga bahasa indonesia yang baik dan benar tidak kita jumpai dalam acara formal saja. karena bahasa indonesia yang menyatukan kita semua, meskipun kita terdiri dari berbagai suku dan budaya serta ragam bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih baik lagi kasih coment :)

 
thank you for visiting my blog.