April 17, 2011

Akankah kita baru berontak setelah Budaya kita diklaim negara lain???

Batik merupakan suatu kebudayaan yang menjadi citra bagi bangsa indonesia. kadang kita bertanya “awal mula batik itu kapan si?” secara historis batik berasal dari zaman nenek moyang yang di kenal sejak abad XVII (zaman majapahit) yang ditulis dan dilukis pada daun lontar .awalnya pola batik masih di dominasi dengan bentuk bintang dan tanaman. Namun kini berkembang pada motif abstrak, seperti relief candi,wayang,dsb.“Bukan Cuma budaya bangsa indonesia loh”, batik juga merupakan kesenian bangsa,mungkin dikarenakan penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian tulis ini batik menjadi seni.
Budaya setiap daerah menjadikan jenis dan corak batik menjadi beragam, disinilah setiap daerah mempunyai kekhassannya tersendiri.”tau ga si kalian? Kalo batik menjadi salah satu kebudayaan raja-raja indonesia zaman dahulu”.ini berawal karena batik hanya dikerjakan di dalam kraton saja dan digunakan untuk keluarga raja beserta antek-anteknya. Karena para pengikutnya ini banyak yang meninggalkan kerajaan, maka kesenian batik ini di bawa oleh mereka dan dikerjakan di tempatnya masing-masing disinilah mulai meluasnya kerajinan batik. Sampai akhirnya batik menjadi salah satu pakaian yang di gemari masyarakat baik pria maupun wanita.
Batik yang asli terbuat dari bahan kain putih yang digunakan dari hasil tenunan sendiri,bahan-bahan pewarnanya juga terbuat dari tanaman asli indonesia seperti,mengkudu,tinggi,nila,soga,dan bahan sodanya terbuat dari soda abu. Serta garamnya terbuat dari lumpur (tapi bukan lumpur lapindo ya?) hahhahha “nah sudah cukup jelaskan mengenai awal mulanya batik?” tentu saja bangsa indonesia berotak saat budaya serta seni mereka di klaim negara tetangga. Dari begitu banyak kebudayaan serta seni bangsa indonesia ini salah satunya adalah batik loh… namun bukan itu saja reog ponorogo dan lagu rasa sayang-sayange juga masih banyak yang lainya”panteskan kalau bangsa indonesia berontak?” hahhaha
Duta besar malaysia untuk indonesia mengungkapkan bahwa batik,reog ponorogo,serta lagu sayang-sayange memang benar-benar ada di malaysia. Nenek moyang malaysia banyak yang berasal dari indonesia,jadi mau tidak mau budaya asal indonesia ada dan hidup di malaysia,mmmmmmm, mungkin alasan ini memang benar kenyataan nya.karena batik di kenal sejak kerajaan majapahit berjaya. Seperti yang kita ketahui, kerajaan majapahit pernah mencapai masa keemasan yang wilayahnya mencapai semenanjung malaya yang kini menjadi bagian negara malaysia.
Ini menjadi PR bagi kita sebagai generasi muda, dan seluruh masyarakat indonesia agar budaya asli kita tidak di akui oleh negara tetangga meskipun budaya kita hidup di negara tetangga,atau negara-negara lain.
“apa memang malaysia iri akan budaya serta seni kita?” sehingga mengklaim budaya kita dengan alasan itu?
“atau bangsa kita sendiri yang lalai akan pentingnya melestarikan budaya nenek moyang kita?”
Hmmmmhmmmm
ini juga merupakan suatu pembelajaran bagi bangsa kita agar tidak lalai akan pentingnya melestarikan budaya nenek moyang kita sendiri, jangan sampai negara lain mengklaimnya terlebih dahulu baru kita berontak. Karena budaya adalah simbol suatu negara ,jika budaya sudah di permainkan itu sama saja menginjak-nginjak harga diri bangsa hoohoh

sumber : www.batikmarkets.com dan www.detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih baik lagi kasih coment :)

 
thank you for visiting my blog.