April 17, 2011

Kabupaten Kuningan


Kabupaten Kuningan terletak pada titik koordinat 108° 23' - 108° 47' Bujur Timur dan 6° 47' - 7° 12' Lintang Selatan. Sedangkan ibu kotanya terletak pada titik koordinat 6° 45' - 7° 50' Lintang Selatan dan 105° 20' - 108° 40' Bujur Timur.
Dilihat dari posisi geografisnya terletak di bagian timur Jawa Barat berada pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah. Secara administratif berbatasan dengan:
• Sebelah Utara : Kabupaten Cirebon
• Sebelah Timur : Kabupaten Brebes (Jawa Tengah)
• Sebelah Selatan : Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah)
• Sebelah Barat : Kabupaten Majalengka
Kabupaten yang berada di ujung timur jawa barat.mungkin bagi sebagian orang jarang yang mengenal kabupaten ini :) namun, sejarah mencantumkan kuningan sebagai salah satu tempat untuk memperjuangan indonesia menggapai kemerdekaan, karena di tempat inilah tepatnya 10-13 Nov 1946.sutan syahrir sebagai perwakilan dari indonesia, schermerhorn, h.j. van mook dari belanda, dan lord killearn perwakilan dari inggris yang bertindak sebagai moderator.merundingkan agar indonesia bisa merdeka 100%, sebab secara de facto yang diakui baru Pulau Jawa dan Sumatera. Sedangkan Belanda tetap menganggap dirinya sebagai negara pemegang penuh kedaulatan atas Indonesia.dan kemudian perundingan ini kita kenal sebagai perundingan linggarjati. karena terletak di desa linggajati, kecamatan cilimus, kabupaten kuningan, jawa barat. kurang lebih 25 km dari cirebon.

Selain ditinjau dari sejarahnya, ternyata banyak sekali kesenian serta budaya yang dimiliki kota kuda tersebut. misalnya saja seren taun,sintren,cingcowong, pencak silat bima suci,batik paseban, museum cipari, dan masih banyak yang lainnya :), sebagai kabupaten yang cinta akan seni dan budaya asli indonesia kuningan berupaya melestarikannya dengan menerapkannya terhadap generasi muda, yanki dengan diadakannya ekstrakulikuler non academic maupun academic di setiap sekolah, seperti yang ada di sman 3 kuningan. sma 3 kuningan atau yang lebih di kenal dengan smantika menerapakan sistem pendidikannya bukan hanya di bidang academic saja namun seni pun di jungjung tinggi karena seni merupakan jiwa dari suatu bangsa. kreativitas pelajar smantika ini dapat kita lihat di warung seni sman3kuningan. selain itu untuk tetap mengupayakan generasi muda melestarikan seni budaya asli indonesia sanggar seni dnr juga turut serta dalam membimbing para pelajar kuningan.

Untuk obyek wisata yang diimiliki kuningan, tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten lain. kuningan memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi misalnya saja : museum perundingan linggarjati, taman rekrasi linggar jati indah, cibulan,waduk darma, musem taman purbakala cipari, pemandian air panas sangkanurip, goa maria, balong darmaloka.


:) silahkan berkunjung ke kota kami :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih baik lagi kasih coment :)

 
thank you for visiting my blog.